Puisi Setia Naka Andrian (Suara Merdeka, 9 April 2017)

Zikir Mimpi

Berzikirlah kami,
di tepi sungai
yang tak berair lagi
Berzikirlah kami,
di tepi kening
yang tak bergaris lagi
Berzikirlah kami,
di tepi leher
yang tak berurat lagi
Berzikirlah kami,
di hadapan kampung
yang tak hidup lagi
Bermimpilah kami,
memohon lahir kembali
berkali-kali
Sarang Lilin, April 2017
Libatkan Benak Kami
Libatkan benak kami
Untuk memiliki umurmu
Yang tinggal sisa-sisa ini
Di surga yang sementara
dan semena-mena ini
Kami seakan lama
dipaksa mengembara
di tanah kelahiran sendiri
Lalu seperti apa kemudian hari
Jika segalanya
dilepas dengan tangan kiri
Hutan lebat kami
Daun-daun hijau yang urung tumbuh lagi
Semua kelimpungan, di musim
yang belum rampung ini
Semua hilang sekelebat
Dan di reruntuhan iman ini
Kami pasrahkan bulat-bulat
Kami geletakkan dengan sekarat
Betapa dunia telah memujimu
Menuju kehampaan
yang tak pernah selesai
Lalu kami semakin bimbang,
Jalan mana yang hendak kau tempuh
untuk benak kami yang tak bersisa ini?
Sarang Lilin, April 2017
Pendidikanmu Apa, Kalang
Pendidikanmu apa, Kalang
Kami baru dengar
Dari suara-suara
yang dibentangkan
di pohon-pohon menjalar
di tanah-tanah yang lapang
Pendidikanmu apa, Kalang
Di atas barisan umat-umat bergelengan
Yang mengepalkan tangannya
untuk menembusmu,
melukai jantungmu
yang biasa dipilih untuk ke hadirat
Pendidikanmu apa, Kalang
Didikanmu atas pertimbangan apa
Pandangan masyarakatmu
pandangan apa
Kini, semua seperti luka
yang diputar kembali
di permukaan punggung kami
yang telah terlanjur berlubang-lubang ini
Sarang Lilin, April 2017
baca juga  Puisi Setia Naka Andrian (Ideide.id, 21 April 2020)

About the author

Aku hanya ingin menjadi spasi untuk menghindarkanmu sebelum titik. (SNA)

Comments

  1. Puisi ini menurut saya sangat isnpiratif karna menganfung unsur-unsur agama dan unsur itu menjadikan pembaca sadar akan agama yang penting bagi kelangsungan hidup

  2. Dari puisi Zikir Mimpi pengarang mengungkapkan pesannya terhadap pembaca bawasannya dimanapun, kapanpun dalam keadaan apapun hendaknya kita selalu berzikr atau berdoa kepada Tuhan. puisi Zikir Mimpi memberi pengaruh yang positif, karena isi dari puisi itu sendiri mengajak para pembaca untuk melakukan hal yang baik yaitu dengan berzikir.
    Pada puisi Libatkan Benak Kami pengarang melihatkan rasa keresahannya dan kebingungannya bahwa dunia ini hanya sementara, tetapi mengapa dunia ini mulai rusak,hatan hutan yang hijau menjadi gundul. Padahal seharusnya kita menjaga ciptaan dari Tuhan yang sifatnya tidak kekal abadi. Kemudian para manusia imanya semakin hari semakin menipis.Kita sebagai manusia hanya bisa berpasrah diri dimanakah akan ditempatnya kita nanti.Puisi Libatkan Benak Kami mengajak para pembaca untuk menjaga ciptaan Tuhan serta untuk mempertebalkan keimanannya,jadi puisi ini sangat bagus.
    Selanjutnya pada puisi Pendidikanmu Apa,Kalang diksi yang digunakan sangat baik,tata letak kata juga menarik,tetapi saya bingung apa maksud dari puisi Pendidikanmu Apa,Kalang. Terima kasih.

  3. Muhammad Idris PBSI 2C
    Puisi zikir mimpi menceritakan penyesalan. Puisi libatkan benak kami menceritakan kerja keras di kampung halaman. Puisi pendidikanmu apa, kalang menceritakan pendidikan yang tidak bisa diterima di masyarakat.
    Terima kasih 🙂

  4. Muhammad Idris PBSI 2C
    Puisi zikir mimpi menceritakan penyesalan. Puisi libatkan benak kami menceritakan kerja keras di kampung halaman. Puisi pendidikanmu apa, kalang menceritakan pendidikan yang tidak bisa diterima di masyarakat.
    Terima kasih 🙂

  5. Inuk Pratiwi 2C
    Setelah membaca ketiga puisi karya bapak, saya kesulitan dalam memahami maknanya karena diksi yang digunakan sulit dicerna sebagai seorang pemula. Tapi saya dapat menarik kesimpulan bahwa dari kedua puisi yang berjudul "Zikir Mimpi" dan " Libatkan Benak Kami" mengandung makna yang religius, hal ini bisa dilihat dari kata-kata yang mengharapkan pembaca untuk selalu mengingat kepada Maha Pencipta alam semesta ini dengan zikir dan berdoa. Tidak hanya dengan berdoa tetapi juga menjaga apa yang diciptakannya dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.
    Dan dari puisi yang berjudul "Pendidikanmu Apa, Kalang", saya tidak bisa mengerti makna dalam puiai tersebut. Apakah Kalang itu nama orang ataukah apa? Mohon penjelasannya bapak 🙂
    Tapi dari keseluruhan puisi tersebut bagus dan ditunggu karya-karya berikutnya 🙂

  6. Neneng Kurniasih PBSI 2C
    1. Puisi Zikir Mimpi
    Menurut pemahaman saya puisi ini menceritakan tentang seorang yang telah berkali-kali berzikir dan memohon ampun kepada Tuhan, karena telah melakukan banyak kesalahan, namun kesalahan itu sudah tidak ada gunanya lagi untuk diperbaiki. Karena dia menyesali perbuatannya pada waktu yang sudah terlambat. Seperti yang dijelaskan pada bait puisinya "Berzikirlah kami, di tepi leher yang tak berurat lagi". Menurut saya, bait tersebut menjelaskan bahwa dia menyesali perbuatannya di masa lalu pada saat hari tuanya dan itu sudah sangat terlambat baginya untuk memperbaiki kesalahannya. Makanya dia menginginkan waktu dapat terulang kembali agar dia bisa memperbaiki kesalahannya, agar dia bisa memanfaatkan waktunya sebaik mungkin, dan bahkan dia memohon agar dilahirkan kembali untuk bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi.
    2. Puisi Libatkan Benak Kami
    Menurut pemahaman saya puisi ini menjelaskan tentang pepohonan yang sekarang jarang ada. Sebenarnya puisi ini menjelaskan agar kita seharusnya selalu menjaga kehidupan hutan. Karena makhluk hidup seperti manusia, hidupnya sangat bergantung pada hutan, pepohonan, atau tumbuh-tumbuhan untuk bisa bernafas dan agar bisa mempertahankan kehidupannya. Namun, manusia sekarang banyak yang tak menghiraukan itu mereka sering membabat habis hutan tanpa menanamnya kembali. Akhirnya hutan menjadi gundul dan oksigen di bumi semakin menipis.
    3. Pendidikan Apa, Kalang
    Sebenarnya saya belum memahami secara mendalam maksud puisi itu, dan belum mengerti apa itu kata "Kalang". Tapi, yang jelas saya menangkap sedikit maksud dari puisi ini. Menurut pemahaman saya puisi ini menjelaskan pendidikan di negeri ini yang banyak warganya belum mengerti tentang sistem pendidikan di negerinya sendiri. Mereka belum mengerti maksud dari segala yang diajarkan atau dididik selama ini. Mungkin sesaat mereka mengerti inti dari pembelajaran dalam pendidikannya namun, dikemudian hari mereka pasti telah lupa apa yang sudah diajarkan.
    Terima kasih.

  7. Naylus Sadiyah PBSI 2C

    Menurut Saya di dalam Puisi Zikir Mimpi dan Libatkan Benak Kami mengandung unsur religius(agama). Dalam puisi Zikir Mimpi pengarang menceritakan orang-orang yang selalu berzikir dimanapun dan dalam keadaan apapun untuk kesejahteraan hidup mereka.
    Puisi Libatkan Benak Kami, pengarang menceritakan keresahan orang-orang hidup di dunia yang hanya sementara dan mengajak kita agar lebih mempertebal keimanan untuk menjaga ciptaan Tuhan dengan sebaik mungkin.
    Dan yang terakhir puisi Pendidikanmu Apa,Kalang.Menurut saya diksi yang digunakan sangat bagus tetapi saya kurang mengerti arti kata "kalang" sehingga saya bingung untuk menyimpulkan isi dari puisi tersebut.
    Terimakasih:)

  8. Lisa Dwi Rahmawati PBSI 2C
    1. Zikir Mimpi
    Menurut pemahaman saya,setelah membaca puisi Zikir Mimpi, puisi ini memiliki isi atau makna tentang penyesalan seseorang terhadap apa yang telah dia perbuat dan lakukan dimasa lalu. Jika saya pahami pada bait terakhir " Bermimpilah kami,memohon lahir kembali berkali-kali" ini mengarah pada apa yang saya pahami, yaitu maksudnya sendiri tentang penyesalan terhadap apa yang dilakukan dimasa lalu, disini orang dalam puisi mungkin sudah tua sehingga terlambat baginya untuk memperbaiki diri lagi. Sebenarnya puisi ini menyampaikan pesan kepada pembacanya melalui diksi dalam puisi tersebut, dalam realitas kita hendaknya selalu memperbaiki diri menjadi lebih baik sebelum semua terlambat.
    2. Libatkan Benak Kami
    Menurut pemahaman saya, puisi "Libatkan Benak Kami" ini merupakan sebuah kritikan. Kritikan disini bisa saja menuju pada kehidupan yang terjadi pada masa kini, puisi ini berisi kritikan terhadap kerusakan sekitar karena ulah tangan-tangan jail.
    3. Pendidikanmu Apa, Kalang
    Pemilihan kata pada puisi ini sangat tepat, sehingga sangat menarik peminat pembaca seperti saya. diksinya pun demikian, sangat menarik. Menurut pemahaman saya, puisi ini berisi tentang kekecewaan atau tentang suara hati rakyat terhadap pejabat pemerintah yang memiliki pendidikan tinggi tetapi tidak bisa mencerminkan sifat terdidiknya. Atau bisa juga kritikan kekecewaan terhadap pendidikan yang kini tidak bisa membuat manusia memiliki sifat terdidik.
    Terima kasih.

  9. 1) Zikir Mimpi
    Dalam puisi Zikir Mimpi tema religius sangat kental sekali. terlihat dari judulnya yaitu Zikir yang dalam agama Islam zikir sering didefinisikan dengan menyebut atau mengingat Allah dengan lisan melalui kalimat-kalimat thayyibah. Lebih jauh lagi, dalam isinya saya merasakan sebuah penyesalan yang terdapat pada penggalan bait terakhir, yaitu "Bermimpilah kami, memohon lahir kembali berkali-kali". Entah apa yang telah terjadi sehingga dia menyesal dan bermimpi memohon untuk dilahirkan lagi.
    2) Libatkan Benak Kami
    Yang saya tangkap dalam bait "Di surga yang sementara dan semena-mena ini" adalah perumpamaan dari bumi atau dunia yang kita tempati saat ini. Karna kita hanya sementara di dunia ini dan akan abadi di akhirat.
    3) Pendidikamu Apa, Kalang
    Puisi ini terdapat beberapa kata asing bagi Saya contohnya adalah Kalang. Dan setelah ditelusuri ternyata menarik sekali. Jadi menggunakan diksi-diksi yang asing tidak hanya menambah unsur estetika dari puisi tersebut tetapi juga bisa menambah wawasan dan kosa kata bagi para pembaca.
    Super sekali.

    (Novi Fitriyatun Nisa, PBSI 2D)

  10. Ersa Ramadyaningrum PBSI 2C
    1. Zikir Mimpi : puisi ini berisi tentang seseorang yang menyesal akan sebuah mimpinya yang tidak terwujud. puisi ini menjadikan penyaji/ orang yang membacanya seolah-olah berfikir untuk kesekian kalinya agar selama dimasa hidupnya tidak menyia-nyiakan waktu, dan harus melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk dirinya maupun orang lain. dan jangan pernah malu untuk mengumandangkan asma Allah dimana pun itu tempatnya.
    2. Libatkan Benak Kami : isi maupun bahasa dalam puisi ini cukup mudah untuk dipahami, puisi ini berisi tentang sebuah kebimbangan perjalanan hidup dan perjalanan mana yang akan ditempuh selama hidupnya.
    3. Pendidikan Apa, Kalang : isi dari puisi ini sulit untuk dipahami. setahu saya isi dari puisi tersebut yaitu seorang yang berpendidikan tetapi tidak memiliki peri kemanusiaan, dan merendahkan masyarakat-masyarakat bawah.

  11. Faidatun Mujawanah PBSI 2D
    16410169
    1. Zikir mimpi
    Menurut saya, puisi yang berjudul zikir mimpi itu menggunakan diksi yang sulit dipahami dan harus dibaca berulang-ulang untuk bisa memahaminya. Tetapi, saya dapat menyimpulkan bahwa puisi tersebut menjelaskan tentang penyesalan seseorang yang ingin lahir kembali untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang diperbuat.
    2.Libatkan Benak Kami
    Menurut saya, puisi tersebut menjelaskan tentang artinya kehilangan yang awalnya baik kini yang tersisa hanya hal-hal yang buruk. Tidak tahu apa yang terjadi jika nanti dipuji oleh dunia yang penuh kehampaan dan semakin runtuhnya iman. Puisi tersebut juga menjelaskan tentang sindiran-sindiran mengenai artinya menghargai tentang aspirasi/pendapat.
    3. Pendidikanmu Apa Kalang
    Menurut saya, puisi tersebut menjelaskan tentang masyarakat yang memandang sebelah mata pada seseorang karena buruknya kebiasaan seseorang yang sudah kelam pada dunianya dan sulit untuk diajak memulai dengan kebaikan-kebaikan.

  12. Elina Valentina PBSI 2D
    1. Zikir Mimpi
    Menurut saya puisi ini memiliki bahasa yang sedikit sulit untuk memahami isinya. Sehingga pembaca harus memiliki konsentrasi yang cukup untuk menyimpulkan makna dari puisi Zikir Mimpi.Puisi Zikir mimpi mengisahkan kehidupan manusia yang menyesal setelah semua yang dilakukan di dunia. Manusia yang jarang sekali bersyukur dan kebanyakan melakukan hal yang dilarangNya.
    2. Libatkan Benak Kami
    Menurut saya puisi Libatkan Benak Kami merupakan pengisahan tentang manusia yang harus selalu mengingat akan datangnya hari akhir. Agar manusia selalu mematuhi segala perintahNya dan menjauhi laranganNya. Manusia harus memperbaiki perilaku yang lebih baik di dunia yang sementara ini. Memperkokoh iman agar tidak mengalami kebimbangan untuk menikmati sisa hidup.
    3.Pendidikanmu Apa,Kalang
    Menurut saya puisi ini memiliki diksi yang sulit untuk dipahami untuk pemula seperti saya. Dalam membaca puisi ini harus berulang-ulang untuk mengetahui apa makna yang terkandung dalam puisi Pendidikanmu Apa, Kalang. Puisi ini menceritakan tentang riwayat hidup seseorang yang di nilai kebanyakan orang tidaklah baik. Perilaku yang dilakukan telah melukai banyak orang di sekitarnya. Sehingga orang di sekitarnya cenderung tidak mempercayai semua yang dilakukan.

  13. Siska Wahyu Sagita PBSI 2C
    1.Zikir Mimpi
    Menurut pandangan saya,puisi ini menjelaskan seseorang yang menyesali perbuatannya dimasa lalu,yang ingin memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi.Jikalau waktu bisa diputar kembali,ia tak akan menyia-nyiakan waktunya.
    2.Libatkan Benak Kami
    Menurut saya,puisi ini merupakan sebuah kritikan. Kritikan ini menjurus pada kerusakan alam yang saat ini semakin memprihatinkan.Bisa dilihat sekarang hutan-hutan gundul akibat perbuatan keserakahan manusia.
    3.Pendidikanmu Apa,Kalang
    Menurut saya,puisi ini merupakan sebuah kritikan masyarakat tentang kondisi saat ini.Banyak orang yang memiliki pendidikan tinggi tapi tidak bisa mencerminkan dari ilmu yang dimilikinya.Bisa dilihat sendiri saat ini, banyak sekali para pejabat tinggi yang memiliki pendidikan tinggi tapi tidak mencerminkan sifat terdidiknya bahkan menyeleweng.

  14. Fatkhur Rozi pbsi/2D
    Dalam puisi "zikir mimpi" penyair menceritakan sebuah keresahan hati terlihat dari penggalan puisinya "Berzikirlah kami, dihadapan kampung yang tak hidup lagi. Bermimpilah kami, memohon lahir kembali berkali-kali." Dari penggalan puisi tersebut penyair begitu menuangkan isi hatinya yang menggambarkan kekosongan hati. Yang berharap mendapatkan kehidupan yang tenang.

  15. Sintiya Dwi Yuniati ( PBSI 2 D )
    Puisi Zikir Mimpi memiliki kalimat yang sederhana namun penuh makna. Pengulangan kata atau repetisi yang Singkat menjadikan puisi tersebut mengajak pembaca untuk fokus mengenai isi puisi. Untuk puisi Libatkan Benak Kami, menurut saya pada penggalan Lalu kami semakin bimbang/ Jalan mana yang hendak kau tempuh/ Untuk benak kami yang tak bersisa ini? Membuat puisi tersebut semakin menarik. Penggalan tersebut mengisyaratkan penulis yang membutuhkan jawaban. Dan jawaban dapat berbeda tergantung pada pemahaman pembaca. Puisi terakhir, yaitu Pendidikanmu Apa, Kalang. Menurut saya puisi ini sangat menarik. Penulis sangat cerdas dengan pemilihan tema dan judul yang mengangkat tentang Kalang. Bagi pembaca yang awam, mungkin akan bingung mengenai apa itu Kalang. Namun itulah yang menjadi nilai plus, karena hal tersebut menimbulkan persepsi yang berbeda-beda. Sehingga puisi tersebut mempunyai banyak makna di mata para pembaca.

  16. Selviana Putri 2c
    Puisi zikir mimpi, mengajak kita untuk selalu berzikir mengingat tuhan dimanapun kita berada. Memperbaiki setiap perbuatan karena penyelasan dimasa lampau.
    Puisi libatkan benak kami, berisi tentang perjalanan seseorang di dunia yang semakin hari usianya berkurang. Kebimbangan karena menganggap imannya lemah dan harus memilih jalan kemana untuk sisa kehidupannya di dunia.
    Puisi pendidikanmu apa, kalang. Saya tidak memahami sepenuhnya makna dari puisi tersebut. Entah pendidikan sebagai formalitas supaya dihormati masyarakat atau pendidikan yang seperti apa saya kurang paham.

  17. Selviana Putri 2c
    Puisi zikir mimpi, mengajak kita untuk selalu berzikir mengingat tuhan dimanapun kita berada. Memperbaiki setiap perbuatan karena penyelasan dimasa lampau.
    Puisi libatkan benak kami, berisi tentang perjalanan seseorang di dunia yang semakin hari usianya berkurang. Kebimbangan karena menganggap imannya lemah dan harus memilih jalan kemana untuk sisa kehidupannya di dunia.
    Puisi pendidikanmu apa, kalang. Saya tidak memahami sepenuhnya makna dari puisi tersebut. Entah pendidikan sebagai formalitas supaya dihormati masyarakat atau pendidikan yang seperti apa saya kurang paham.

  18. Nurlaily Mufadilah PBSI 2D
    1. Zikir Mimpi
    Pada dasarnya berzikir tidak dibatasi dengan sesuatu apapun.Berzikir dapat dilakukan dengan berbagai cara dan dalam keadaan bagaimanapun.Karena mengingat kepada sang pencipta tidak boleh dibatasi oleh apapun,kecuali ada hal-hal tertentu yang dilakukan untuk mengerjakannya.Seperti mengingat sang pencipta pada waktu siang atau malam,didaratan atau lautan,sedang berpergian dalam kendaraan atau disuatu tempat dalam kondisi apapun seperti sakit atau sehat,sendiri atau ramai.
    2.Libatkan Benak Kami
    Dalam puisi ini ada rasa kekhawatiran dan kebingungan yang begitu jelas tergambar dalam puisi ini bahwa di dunia yang hanya bersifat sementara tanpa adanya rasa keadilan yang harus dijunjung,pergi tanpa arah dan tujuan yang jelas,hutan yang seharusnya lebat lenyap tanpa pohon karena keserakahan manusia hingga hilangnya iman dalam diri manusia yang seakan manusia bangga akan dunia yang menuju kebodohan,kekosongan dan kekecewaan.
    3.Pendidikanmu Apa Kalang
    Saya tidak bisa menangkap maksut atau pesan yang ingin disampaikan.Karena puisi ini sulit dipahami dengan penggunaan diksi yang rumit menjadi kendala.

  19. Rifa Wahyuningsih PBSI 2C
    1. Dalam puisi "Zikir Mimpi" puisi tersebut menceritakan seseorang yang terlambat dalam tobat atau dalam kehidupannya ia menyia-nyiakan kehidupannya karena ia tidak pernah beribadah kepada Tuhan atas kenikmatan yang diberinya. Penyesalan itu pu datang di usianya yang senja, maka kita harus beribadah kapanpun dan dimanapun karena kita tidak tahu yang terjadi di masa yang akan datang nanti.

    2. Dalam puisi "Libatkan Benak Kami" puisi tersebut menceritakan tentang seseorang yang merasa bimbang diusianya yang sudah tidak muda lagi, karena ia tidak cukup iman yang kuat dan bimbang dan bingung dengan perjalanan yang ia jalani.

    3. Dalam puisi "Pendidikanmu Apa, Kalang" puisi ini sesorang yang berpendididkan tapi sifatnya tidak menggambarkan orang yang berpendididkan.

  20. Putri Rara Sumanding (PBSI 2C/16410124)
    1. Zikir Mimpi
    Menurut saya, puisi ini memiliki berisi mengenai hal Religius, seperti pada kata-katanya yaitu Zikir. Makna dari puisi ini yaitu mengenai penyesalan seseorang terhadap perbuatannya di masa lalu. Hal ini dibuktikan pada bait terakhir yaitu "Bermimpilah kami, memohon lahir berkali-kali". Berdasarkan kalimat pada bait tersebut, saya menyimpulkan bahwa mungkin saja seseorang tersebut merasa sudah terlambat untuk memperbaiki dirinya. Pesan dari puisi ini yaitu kita harus selalu berbuat kebajikan, memperbaiki diri agar tidak ada kata terlambat nantinya. Kesimpulan yang saya uraikan tadi, berdasarkan pada diksi yang ada dalam puisi tersebut.

    2. Libatkan Benak Kami
    Menurut saya, puisi ini berisi mengenai kritikan akibat ulah tangan manusia yang tak bertanggung jawab yang meimbulkan adanya kerusakan.

    3. Pendidikanmu Apa, Kalang
    Menurut saya, puisi ini berisi mengenai suara hati masyarakat akan ulah pejabat atau para petinggi negara yang tak bisa menggunakan ilmu pendidikannya dengan baik dalam negeri. Puisi ini juga memiliki diksi yang bagus sehingga menarik minat pembaca.

  21. Afidatul usroh PBSI 2D
    Menurut saya puisi yang berjudul "zikir mimpi" dan "libatkan benak kami " berisi mengenai religi . Puisi zikir kami lebih mudah dipahami daripada puisi yang berjudul libatkan benak kami. Puisi libatkan benak kami menggunakan diksi yang rumit untuk dipahami oleh pemula. Puisi "pendidikanmu apa, kalang berisikan tentang pendidikan dan dalam puisi ini saya kurang paham betul isinya itu menceritakan tentang apa, puisi ini juga menggunakan diksi yang rumit.

  22. Faidatun Mujawanah PBSI 2D
    16410169
    1. Zikir mimpi
    Menurut saya, puisi yang berjudul zikir mimpi itu menggunakan diksi yang sulit dipahami dan harus dibaca berulang-ulang untuk bisa memahaminya. Tetapi, saya dapat menyimpulkan bahwa puisi tersebut menjelaskan tentang penyesalan seseorang yang ingin lahir kembali untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang diperbuat.
    2.Libatkan Benak Kami
    Menurut saya, puisi tersebut menjelaskan tentang artinya kehilangan yang awalnya baik kini yang tersisa hanya hal-hal yang buruk. Tidak tahu apa yang terjadi jika nanti dipuji oleh dunia yang penuh kehampaan dan semakin runtuhnya iman. Puisi tersebut juga menjelaskan tentang sindiran-sindiran mengenai artinya menghargai tentang aspirasi/pendapat.
    3. Pendidikanmu Apa Kalang
    Menurut saya, puisi tersebut menjelaskan tentang masyarakat yang memandang sebelah mata pada seseorang karena buruknya kebiasaan seseorang yang sudah kelam pada dunianya dan sulit untuk diajak memulai dengan kebaikan-kebaikan.

  23. Adinda Erdiana PBSI 2C 16410113

    Saya akan mencoba mengomentari puisi karya Bapak Naka,
    1. Yang pertama adalah puisi yang berjudul "Zikir Mimpi".
    Menurut pemahaman saya, puisi tersebut memiliki makna seseorang yang berusaha berzikir, namun zikirnya sia-sia karena sudah terlambat hingga seseorang tersebut ingin memohon dilahirkan kembali.

    2. Libatkan benak kami, menurut pemahaman saya, puisi tersebut memiliki makna orang yang sedang dalam keadaan bimbang dan bingung serta kelimpungan dalam menjalani hidup di yang sementara ini karena merasa kurang iman.

    3. Pendidikanmu Apa, Kalang, menurut pemahaman saya, puisi tersebut memiliki makna seorang yang berpendidikan, namun ilmunya tidak digunakan dengan baik, sehingga sia-sia.

    Dari keseluruhan puisi tersebut, sebenarnya adalah nasihat untuk kita agar menjadi manusia beriman dan tidak menjadi manusia yang sia-sia.

    Terima kasih.